Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Melindungi Diri

Oleh: administrator | 10/6/2017 2:17:50 AM

SHARE


Pada waktunya, mau tidak mau kamu harus melepas si kecil untuk belajar bersosialisasi. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri, rasa was-was pasti sulit dielakkan ketika harus melepas si kecil beraktivitas di luar rumah tanpa pengawasan langsung dari orang terdekat. Nah, untuk meminimalisasi rasa khawatir, setidaknya bekali anak dengan pengetahuan dasar yang dapat digunakan untuk melindungi diri ketika berada jauh darimu.

Hal dasar yang perlu ditanamkan adalah jangan sampai anak mudah percaya kepada orang asing. Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai kode tertentu yang bisa menjamin bahwa orang yang mendekati si kecil bukanlah orang asing yang memiliki niat tidak baik. Misalnya, kamu bisa meminta anak menanyakan kepada orang yang menjemput di sekolah soal rasa susu favoritnya. Tentu hal-hal seperti ini hanya diketahui oleh orang terdekat sehingga dapat meminimalisasi anak terjebak oleh ajakan dari orang asing.

Tanamkan juga kepada anak bahwa tubuhnya adalah rahasia besar yang tidak boleh diketahui oleh orang lain, kecuali ibu dan ayah, terlebih di area yang paling rahasia. Katakan kepada mereka kalau tidak ada orang yang boleh menyentuh jika mereka merasa tidak nyaman atau terancam. Dengan demikian, si kecil bisa menjaga jarak dari orang-orang yang berbahaya.

Kamu pun bisa mengatakan kepada anak bahwa berteriak meminta tolong ketika mereka merasa tidak nyaman, takut, atau terancam juga diperbolehkan. Teriakan anak akan membuatnya menjadi pusat perhatian orang banyak dan bisa menggagalkan orang yang berniat jahat kepadanya. Dan yang pasti, usahakan kamu tidak menempelkan label nama anak pada tas, baju, dan barang-barang lain yang bisa disalahgunakan orang jahat.