Mengenal Lebih Dekat Program Au Pair

Oleh: administrator | 10/6/2017 2:24:27 AM

SHARE


Pernahkah kamu mendengar program Au Pair? Au Pair adalah program yang awalnya ditujukan untuk para anak muda yang tertarik belajar bahasa asing langsung di negaranya.

Ini berbeda dengan kursus musim panas. Pada Au Pair, di negara tujuan, kamu tinggal bersama tuan rumah yang merupakan penduduk asli negara tersebut. Kamu akan mendapatkan uang jajan, kamar tidur, biaya transportasi, dan dianggap seperti keluarga sendiri. Namun, sebagai “balasan”-nya, kamu diminta membantu mengurus keperluan rumah tangga, salah satunya mengurus anak kecil.

Eits, ini berbeda dengan asisten rumah tangga ya, karena dengan program ini kamu dianggap seperti anggota keluarga. Visa yang dipakai pun adalah visa pelajar. Kamu dan keluarga tuan rumahmu bisa saling bertukar informasi tentang kebudayaan hingga ketrampilan (misal musik, melukis, menulis). Belum lagi, kamu juga memiliki hak untuk liburan karena terdapat aturan jumlah jam kerja pada kontrak. Program ini banyak sekali diikuti oleh anak usia 17 hingga 20 tahun, terutama di Eropa dan negara-negara Barat lainnya. Memang, program ini masih cukup asing di Indonesia, tetapi jangan salah, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil, terutama bagimu yang ingin “mencicipi” tinggal di luar negeri.

Program ini terbuka untuk umum, lho. Terdapat beberapa website yang menawarkannya, tetapi yang terbesar dan terpercaya saat ini adalah Aupair World. Syarat utamanya, kamu harus memiliki paspor, kesiapan mental dan fisik, niat yang kuat, serta beberapa tes bahasa sesuai dengan negara tujuan. Jika negara tujuanmu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, maka ada persyaratan seperti nilai TOEFL atau IELTS minimum.

Nah, kemudian untuk menjadi seorang au pair, ada beberapa tahapan umum yang mesti dilakukan. Pertama, kamu wajib membuat profil di website yang menawarkan program Au Pair. Di sana, kamu sekaligus bisa menentukan negara mana yang ingin dituju dan profil keluarga yang menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah. Setelah itu, kamu bisa saling berkirim pesan atau mengobrol dengan tuan rumah pilihan. Jika cocok, kamu tinggal melengkapi surat-surat, visa, tiket pesawat, dan keperluan lainnya. Selain membantu urusan rumah tangga, kamu berhak belajar bahasa atau kursus lain di tempat tinggalmu, lho. Kamu bisa belajar musik, fotografi, desain, dan hal lain yang nantinya bermanfaat untuk melanjutkan sekolah hingga bekerja di luar negeri.